INSTALASI WINDOWS 7

INSTALASI WINDOWS7 


PENDAHULUAN 
CPU, singkatan dari Central Processing Unit adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintahdan data dari perangkat lunak. Yang mana fungsiny aadalah seperti kalkulator,CPU jauh lebih kuat pemprosesannya, fungsi utamanya adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang daiambil memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras seperti papanketik,pemindai,tuas control, maupuntetikus.CPU dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpanan.instruksi - instruksi tersebut disimpan terlebih dahulu pada RAM yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori dan selanjutnya CPU dapat mengakses data-data pada RAM.Di atas adalah sekilas penjelasan tentang CPU, pada bab selanjutnya akan dijelaskan bagaimana cara merakit sebuah CPU.

PEMBAHASAN
 A.   PERBEDAAN KOMPONEN
Sebagian besar cara merakitnya sama, hanya saja perbedaannya dari segi komponen, yaitu kabel SATA yang berbeda, Prosesor fan yang lebih mudah dipasang tanpa menggunakan mur atau baut, dari segi performanya, CPU pada minggu ini lebih cepat dari pada yang minggu kemarin. Prosesor pada minggu ini menggunakan prosesor Intel Core Duo, sedangkan prosesor 3 minggu yang lalu menggunakan Intel Pentium.
 B.   TAHAP-TAHAP INSTALASI WINDOWS 7
Berikut Langkah-langkah instal windows 7, dengan gambar dimulai dari memilih booting windows dari DVD atau flashdisk. Khusus untuk booting dari flash disk, maka masukan terlebih dahulu flash disk sebelum menyalakan komputer atau laptop.

1. Nyalakan Komputer / Laptop.
2. Ubah Boot Pertama Ke CD/DVD, namun jika dari Flash Disk Ubah Boot Pertama ke Flash Disk, ini diperlukan agar Boot Pertama dilakukan melalui Windows 7 DVD Installer atau Flash Disk. (Pada Langkah dibawah)3. Saat meyalakan Laptop / Komputer Masuk Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop merk lain Esc, F1, F10 atau Del Pada Komputer). 
 

Contoh Masuk Ke Setup Utility, Tampilan ini beraneka ragam tergantung merek , Cari Boot. 
 
Arahkan Boot Pertama Jadi DVD atau Flashdisk sesuai keinginan, Tampilan ini pun beraneka ragam tergantung merek.
 
Exit, Saving Changes Kemudian Yes, dan Komputer/Laptop akan segera Restart dari DVD, Jangan Lupa masukan terlebih dahulu DVD Windows 7 Installer ke Drive DVD, sebelum restart.
     

4. Mulai Proses instal Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Klik Apa saja pada keyboard, misalnya klik Enter (waktunya hanya 5 detik, kalo 5 detik ga di klik, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi) 
   
5. Pada Langkah ini tidak melakukan apapun 
   

    
6. Pilih English, Klik Next 
   

7. Klik Install Now 
     
8. Klik I accept the license terms, kemudian Klik NextProses Segera Dimulai 
 


9. Pada Langkah ini, sangat penting, penting, dan penting, Klik Custom (advenced) - Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama. 
 

10. Setelah Itu masuk ke Contoh Gambar Di bawah ini, Pada langkah ini Penting Untuk Mengatur Partisi Yang akan di instal Windows 7 Yang Baru.Gambar di bawah ini contoh Laptop yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama alias C:, dan Ketiga Data alias D: 
   

11. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Documents termasuk C : 
   

12. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New. 
   

13. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Di instal Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next. 
  

Proses Instalasi Benar-benar dimulai, kalo sudah sampai langkah ini anda bisa benar-benar bersantai, karena selanjutnya akan berjalan Otomatis.Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya. 

 

Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis.Catatan: Jika menggunakan DVD tidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut.

 

 

Biarkan saja, jangan klik apapun 
 

 

15. Menyempurnakan Proses Instalasi Windows, Biarkan saja, jangan klik apapun, kalo gerakin mouse atau minum kopi Boleh. 
 

Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun. 
 
 

16. Isi Nama untuk Laptop, Komputer, bebas, Trus Klik Next
17. Ga usah diisi, kecuali Laptop atau komputernya ingin memakai password, kemudian klik Next. 
 

 

18. Jika sudah memiliki Kode Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip. 
 

19. Klik Use recommended settings 
 

20. Sesuaikan waktu yang dikehendaki, kemudian klik Next 
 

Berikut ini adalah tampilan ketikan pengginstalan selesai di lakukan : 
























Comments

Popular Posts